Loading

Kenalan dengan Teknik Kimia

Ini nih jurusan yang kami ambil dahulu di Universitas Gadjah Mada, jurusan Teknik Kimia.

Sedikit cerita saja, sebenarnya kami mengira bahwa pelajaran yang banyak didalami di jurusan Teknik Kimia adalah pelajaran Kimia. Eh ternyata, yang banyak dipelajari adalah pelajaran Fisika dan Matematika. Tahu kan susahnya dua pelajaran tersebut?

Intinya, dasar Fisika dan Matematikanya harus kuat ketika masuk Teknik Kimia, di samping harus punya dasar ilmu kimia. Namun pelajaran kimia hanya 10% saja dipelajari seperti pada pelajaran Kimia Umum, Kimia Analisis, Kimia Fisis, dan Kimia Organik. Selanjutnya harus banyak berimajinasi dengan logika Matematika dan Fisika. Jadi yang memang suka Kimia, namun Fisika dan Matematikanya lemah, saran kami jangan mengambil jurusan ini.

Tujuannya dari belajar 8 semester di Teknik Kimia adalah untuk mendirikan pabrik. Lihat saja flow chart (proses) pembuatan pabrik di bnawah. Intinya, mulai dari persiapan bahan baku, persiapan untuk masuk reaksi, hingga pemurnian produk, barulah didapatkan produk yang diinginkan. Yang dipelajari di Teknik Kimia ada berbagai macam pabrik, ada pabrik minyak bumi, pabrik plastik, pabrik pupuk, pabrik semen, pabrik kertas, dan masih banyak lainnya.

Intinya timbang-timbang dulu deh kalau ingin masuk jurusan Teknik Kimia.

Namun yang kami rasakan setelah belajar di Teknik Kimia sangat luar biasa. Kami dapat menjadi perekayasa proses. Walau bukan untuk membuat pabrik besar. Cukup untuk mendirikan sebuah pesantren untuk masyarakat yang bernama Pesantren Darush Sholihin yang berada di Dusun Warak, Desa Girisekar, Panggang, Gunungkidul. Pesantren ini bukan hanya membina agama, namun juga turut membangun desa. Tak percaya? Silakan saja lihat berbagai kegiatannya di DarushSholihin.Com.

Berarti ilmu teknik kimianya gak dipakai dong? Logika dan cara berpikirnya yang dipakai. Hahahaha.

Intinya, kalau serius belajar Teknik Kimia dan berhasil, tentu banyak lapangan kerja yang akan terbuka untuknya. Shahib-shahib kami yang saat ini fokus pada dunia pabrik, rata-rata jadi pekerja yang sukses dan berhasil, lebih-lebih bisa menyenangkan keluarga, orang tua dan mereka juga jadi orang-orang yang mau mendukung dakwah Islam.

Sekian. Semoga manfaat. Tak lupa do’a kebaikan teruntuk para dosen di Teknik Kimia UGM yang telah memberikan banyak ilmu dan cara berpikir yang smart pada kami. Semoga Allah senantiasa menjaga mereka dalam kebaikan dan terus diberi kesehatan.

 

By: Muhammad Abduh Tuasikal

(S.T. dari Teknik Kimia UGM 2002-2007, M.Sc. Chemical Enginering King Saud University Riyadh, 2010-2013)

DSmuda.Com

Leave a Reply