Loading
anak_muda_01

Kiat Memahami Anak Muda

Kadang kita sebagai orang tua atau pengajar tidak memahami apa yang diinginkan oleh anak muda, yang membuat mereka kadang marah dan jengkel.

Sebagai orang tua atau sebagai pendidik para remaja perlu memahami hal ini, apa saja yang diinginkan oleh para remaja.

 

1- Stop mendikte

Masa remaja adalah masa seorang anak mengalami banyak perubahan, baik secara fisik, mental, maupun emosi. Di usianya, ia akan mengalami banyak urusan sekolah dan pertemanan. Sebagian orang tua sering lebih fokus pada kesalahan anak kemudian mendiktenya. Padahal, cara itu hanya akan membuat anak semakin depresi.

Solusinya, lebih baik mendukung dan menyemangati ketika ia sedang menghadapi masalah. Jangan lupa tanyakan adakah hal yang bisa dibantu sebagai orangtua, kemudian biarkan ia menemukan solusinya.

 

2- Usia remaja, masa mencari jati diri dan percaya diri

Kita semua yang pernah melewati masa remaja pasti akan merasakan hal ini. Masa remaja adalah saat untuk mencari jati diri dengan segala masalah yang ada, seperti konflik dengan guru, teman, bahkan orang tua.

Solusinya, para remaja butuh dukungan agar rasa percaya diri mereka semakin tinggi dan juga jangan suka membanding-bandingkan mereka dengan yang lain. Biarkan mereka jadi diri mereka sendiri.

 

3- Jangan pernah mengungkit kesalahan

Semua anak remaja mengetahui segala konsekuensi atas tindakan yang mereka lakukan. Akan tetapi, mereka tidak suka jika orangtua mengungkit kesalahan-kesalahan yang dulu mereka perbuat.

Solusinya, jika dia mengulang kesalahan yang sama, hadapilah dengan sikap objektif. Jangan mengungkitnya. Tetap nasihati dengan cara yang santun.

 

4- Jangan mudah menyalahkan

Ketika anak remaja telah berusaha keras di sekolahnya namun hasilnya tidak sesuai apa yang ia harapkan, ketika ia gagal mencari solusi masalah yang ia hadapi, di situlah ia merasa lemah dan menyerah.

Janganlah menambah masalah mereka dengan omelan dan argumen yang terkesan menyalahkan.

Solusinya, saat seperti ini, ia sedang membutuhkan dukungan terbesar dan semangat dari orang tua.

 

Intinya, kalau anak muda diarahkan pada hal yang positif dan baik, tentu akan membawa kebaikan bagi mereka. Solusi terbaik dari masalah anak muda di atas adalah mengarahkan mereka untuk mendalami ilmu Islam dengan mendalami akidah, cara beribadah, bagaimana berakhlak dan beradab. Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memberikan petunjuk,

مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِى الدِّينِ

Barangsiapa yang Allah kehendaki mendapatkan seluruh kebaikan, maka Allah akan memahamkan dia dalam hal agama.” (HR. Bukhari dan Muslim, dari Mu’awiyah)

Semoga manfaat.

 

@ DS, malam 18 Ramadhan 1437 H

DSmuda.Com

Leave a Reply